Sabtu, 09 Mei 2009

TANAMAN SELA KARET

TANAMAN SELA KARET

Tanaman sela karet merupakan usaha pendukung untuk mengoptimalkan usaha tani karet yakni sebagai tambahan sumber pendapatan baik pada masa tanaman karet belum menghasilkan serta sebagai peningkatan daya guna tenaga kerja , pupuk dll yang bermanfaat bagi tanaman karet dan tanaman sela. Pola tanaman sela bagi perkebunan karet dapat dibagi dua yakni tahap Pola tanaman sela pada usia tanam karet sebelum 3 tahun dan pola tanaman sela pada usia karet lebih dari 3 tahun.
Pola tanaman sela sebelum tiga tahun menggunakan Pola Tanaman Pangan, Pola Pisang dan Nenas, Pola Cabe, Pola Semangka, pada pola tanaman pangan tanaman yang digunakan jagung + padi gogo – kedele – kacang tunggak, tanaman jagung dan padi gogo ditumpangsarikan sedangkan kedele dan kacang tunggak ditumpanggilirkan .Pada pola tanaman pisang + nenas juga dilakukan secara tumpang sari. Pola cabe ditanam dengan biji yang disemaikan terlebih dahulu dan dipindahkan kelapangan oada saat usia bibit memasuki satu bulan . Pada pola semangka varietas yang ditanam pada umumnya adalah varietas lokal seperti sugar baby dan new dragon.
Pola tanaman setelah karet berumur tiga tahun dilakukan karena tajuk (kerindangan) pohon pada tahun ke empat sudah selebar 4m – 6m dan perakarannya sudah melebihi 3,5 m. hal ini menyebabkan penggunaan lahan gawangan karet mulai terbatas terutama dari faktor intensitas sinar matahari, selain faktor hidromineral, Pemilihan tanaman sela harus didasarkan kepada kemampuannya beradaptasi pada kondisi naungan.Pola tanaman sela karet berumur tiga tahun menggunakan Pola Kapulaga dan Pola jahe, Temulawak,dan Kunyit. Pola Kapulaga merupakan salaha satu komoditas ekspor yang potensial hasil tanaman ini diperlukan untuk industri obat-obataan dan kosmetika, secara umun terdapat dua jenis kapulaga yakni kapulaga abrang ( elletaria cardanum) dan kapulaga local ( amomum cardamun). Bahan yang digunakan pada umumnya adalah akar Rimpang atau Anakannya. Begitupun pada pola Jahe,temulawak dan kunyit bahan tanaman yang umumnya digunakan adalah rimpangnya .

Tidak ada komentar: